Visi & Misi

Visi Program Studi;
Menjadi program studi unggul di Indonesia Timur tahun 2025 dalam bidang budidaya perairan berorientasi pemanfaatan sumberdaya selat dan pulau-pulau kecil berbasis IPTEKS

Penjabaran Visi Program Studi
Program Studi Unggul:
Program Studi Budidaya Perairan, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Wuna Raha secara geografis kaya akan sumberdaya perairan selat dan pulau-pulau kecil serta memiliki tenaga pendidik dengan kualifikasi memadai, ditunjang kurikulum yang senantiasa diperbaharui guna menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi bidang budidaya perairan selat dan pulau-pulau kecil.

Berorientasi Pemanfaatan Sumberdaya Selat dan Pulau-pulau Kecil:
Civitas akademika mampu memanfaatkan, mengembangkan dan menerapkan teknologi terhadap kekayaan sumberdaya perairan selat dan pulau-pulau kecil yang dimiliki secara bertanggungjawab guna mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berbasis IPTEKS:
Mampu menerapkan kaidah-kaidah ilmiah bidang budidaya perairan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Misi Program Studi;

  1. Melaksanakan dan meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat yang komprehensif dalam bidang budidaya perairan selat dan pulau-pulau kecil.
  2. Meningkatkan mutu dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan dalam bidang budidaya perairan selat dan pulau-pulau kecil.
  3. Menghasilkan dan mengembangkan teknologi tepat guna bidang budidaya perairan selat dan pulau-pulau kecil.
  4. Menyiapkan lulusan yang profesional dalam bidang budidaya perairan selat dan pulau-pulau kecil.
  5. Menyelenggarakan dan berperan aktif dalam berbagai pertemuan ilmiah bidang perikanan tingkat regional, nasional, dan internasional dalam mengembangkan mutu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  6. Menjalin kerjasama secara luas dengan berbagai pihak untuk peningkatan mutu tenaga pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa dan lulusan.

Tujuan:

  1. Tersedianya lembaga pendidikan tinggi yang unggul dibidang budidaya perairan selat dan pulau-pulau kecil yang mudah diakses masyarakat di Indonesia Timur.
  2. Tersedianya Sarjana Perikanan unggul yang memiliki kompetensi bidang budidaya perairan selat dan pulau-pulau kecil.
  3. Terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak dalam peningkatan mutu civitas akademika.

[Berdasarkan Borang Prodi, Desember 2016]